Hei...Aga Kareba Cika..Cappo..Cikaliku"

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU

Kalau singgahq'' disini tulis2q sedikit di Ma'' Bici-Bici di'' supaya saya tau bahwa anda pernah masuk disini
terima kasih atas kunjungan ta''...!!!

Apakah Anda Percaya ????????

Ide tulisan singkat ini, dimulai ketika saya membutuhkan kumpulan ide, pikiran, impian, lamunan, analisa dan renungan saya secara pribadi dan independen.

Saya yakin...
Sebuah IMPIAN mampu MEMBERI SEMANGAT
Sebuah IDE mampu MENGUBAH DUNIA
Sebuah LANGKAH mampu MENGELILINGI DUNIA
Sebuah TULISAN mampu MENGUKIR SEJARAH

Saya percaya, anda yang sedang membaca tulisan ini adalah bagian dari hidup saya secara pribadi, karena tidak ada yang kebetulan...anda ditarik oleh sebuah hokum alam...yang secara alami tidak anda sadari...Saya percaya, bahwa ALLAH berkomunikasi melalui perantaraan manusia dan melalui keadaan di sekitar kita...Saya yakin, jika anda tersenyum pada saat ini juga, maka anda akan dapat menikmati hari ini dengan hati yang lebih baik dan lebih positif dan saya percaya saat ini anda akan mencoba tersenyum bukan ???
Untuk itu, jika ada manfaat yang didapatkan itulah tujuannya namun jika masih ada salah dan khilaf, sebelumnya saya secara pribadi memohon maaf.
Sekali lagi terima kasih...Sobatku...anda begitu berharga...anda adalah orang yang luar biasa dan sebuah hasil maha karya dari ALLAH "The Creator".

Marilah kita bersama-sama berusaha, bermitra dan saling dukung serta saling mengembangkan diri untuk mewujudkan impian dan harapan kita menjadi kenyataan.

selamat membaca n'' terima kasih atas kunjungannya.

08 Juni, 2011

Teladan Guru Mursakin melalui A-G Strategy

Kompas - JAKARTA, SENIN - Mungkin guru-guru di seantero Indonesia harus belajar dari Mursakin, seorang guru Bahasa Inggris dari SMPN 1 Kahu, Bone. Sosoknya yang jujur dan penuh humor tidak menunjukkan kesan bahwa seorang yang senang melakukan penelitian dan menulisnya dalam makalah penelitian adalah orang yang serius dan “kutu buku”.

Pria yang sudah 22 tahun menjadi guru ini memang senang melakukan penelitian. Menurutnya, hal-hal sederhana saja dari aktivitas sehari-harinya mengajar dapat memotivasinya untuk mencari tahu lebih dalam tentang suatu fenomena, meski terkadang dia mengakui dirinya kesulitan untuk memulai menulis. “Tapi saya memang sudah memiliki prinsip, pokoknya satu tahun harus ada dua tulisan, mana proses pembelajaran yang paling inovatif, itu yang saya angkat,” ujar Mursakin, usai mempresentasikan makalah penelitiannya yang berjudul Teaching A Spesific Cognitive Strategy Affect The Overall Quality of Student’s Writing and Attitudes Toward Writing, di Depok, Senin (7/7).

Andalan Mursakin dalam penelitian ini adalah A-G Strategy, yaitu Atmosphere, Background, Character, Do, Effect, Feel, dan Great. Jika pelajaran menulis, Mursakin biasanya memulai dengan membacakan sebuah karya sastra dan menciptakan atmosfir agar para siswa dapat seolah-olah masuk ke dalamnya. Lalu Mursakin akan melanjutkan dengan menceritakan latar belakang karya sastra tersebut serta karakter-karakter yang ada di dalamnya.

Setelah itu, Mursakin akan mendorong para siswanya untuk menuliskan kembali cerita yang sudah mereka dengar dan kemudian mendiskusikannya kembali efek tulisan mereka dengan siswa yang lain. Hasilnya mereka tuliskan di lembar khusus yang diberikan oleh Mursakin. Kemudian, Mursakin meminta para siswanya menuliskan perasaan mereka setelah menulis pada sebuah kertas berwarna-warni yang juga sudah disiapkan oleh Mursakin dan dimasukkan ke amplop kecil. “Kemudian saya menilai dan saya merefleksikan apa yang didapatkan anak-anak pada siklus kedua,” ujar Mursakin.

Pada siklus kedua, Mursakin mengulang A-F. Hasilnya, sangat menakjubkan setelah sampai F. Dengan metode ini, Mursakin dapat menggejot kemampuan siswanya menulis dalam Bahasa Inggris hampir dua kali lipat, meski masih lebih rendah dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dalam pengajaran Bahasa Inggris. Namun, bagi Mursakin, yang paling penting adalah motivasi siswa yang terdongkrak. “Strategi ini saya kembangkan supaya lebih memotivasi siswa untuk belajar dan tuntutan utamanya memang, kemampuan menulis dan motivasi untuk menulis,” ujar Mursakin.

Mursakin sudah mencoba mengikuti Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) LIPI sebanyak empat kali dan pada kali ke empat inilah baru diterima sebagai finalis dan dipanggil ke Jakarta. Bagi Mursakin, penelitian sangat penting untuk mengoreksi kelemahan guru dalam profesinya hingga akhirnya berusaha merefleksikan dan memperbaiki kualitas dirinya. Selain itu, tentu saja membuka peluang untuk naik pangkat dan meningkatkan kemampuan intelektual guru. “Karena terus membaca. membaca dan membaca,” ujar pria yang berusia 42 tahun itu.

Mursakin yang sempat berbangga sedikit karena salah satu mantan siswanya ternyata bekerja di LIPI ini mengaku sedang mengambil gelar master di Universitas Negeri Makassar (UNM). Untuk itu, dia harus rela menempuh jarak 200 km dari Bone ke Makassar dalam dua kali seminggu untuk kuliah dengan mengendarai motor. Mursakin memang senang menambah ilmunya dan tentu saja itu dapat mendorongnya untuk memperoleh posisi yang lebih layak atau mutasi ke daerah yang lebih maju. “Kalau saya tidak mau (mutasi), saya ingin tetap di sana (Bone), membangun ndeso (desa),” ujarnya terkekeh. (LIN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pada Idi" Cappo"....

“AYAT KURSY”


ALLOHU LAA ILLAHA ‘ILLA HUWAL HAY-YUL QOY-YUM – LAATA’ CHUDZUHUU SINATUW WALAA NAUM – LAHUU MAA FIS SAMAAWATI WAMAA FIL ARDH – MAN DZAL-LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI-IDZNIH – YA’ LAMU MAA BAINA AIDIHIIM WAMAA CHOLFAHUM – WALLA YUHIITHUUNA BISYAI-IM MIN ‘ILMIHII ILLAA BIMAASYAA – WASI-A KURSIY-YUHUS SAMAAWAATI WAL ARDH – WALAA YA-UUDUHUU HIFZHUHUUMAA WA HUWAL ALII-YUL ‘AZHIIM.

AL QUR’AN HARI INI KATA “BIDADARI”

BIDADARI

TERDIRI ATAS 6 SURAH, 10 AYAT DAN 18 KATA

37:48. Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya,

38:52. Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.

44:54. demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.

52:20. mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.

55:56. Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.

55:58. Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.

55:70. Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.

55:72. (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah.

56:22. Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli,

56:35. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung,

Kirim info, kareba n Agi-agi tu mai.....

irsalmahmud@yahoo.com

facebook : irsalmahmud

ditunggu ya..beritanya