Hei...Aga Kareba Cika..Cappo..Cikaliku"

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU

Kalau singgahq'' disini tulis2q sedikit di Ma'' Bici-Bici di'' supaya saya tau bahwa anda pernah masuk disini
terima kasih atas kunjungan ta''...!!!

Apakah Anda Percaya ????????

Ide tulisan singkat ini, dimulai ketika saya membutuhkan kumpulan ide, pikiran, impian, lamunan, analisa dan renungan saya secara pribadi dan independen.

Saya yakin...
Sebuah IMPIAN mampu MEMBERI SEMANGAT
Sebuah IDE mampu MENGUBAH DUNIA
Sebuah LANGKAH mampu MENGELILINGI DUNIA
Sebuah TULISAN mampu MENGUKIR SEJARAH

Saya percaya, anda yang sedang membaca tulisan ini adalah bagian dari hidup saya secara pribadi, karena tidak ada yang kebetulan...anda ditarik oleh sebuah hokum alam...yang secara alami tidak anda sadari...Saya percaya, bahwa ALLAH berkomunikasi melalui perantaraan manusia dan melalui keadaan di sekitar kita...Saya yakin, jika anda tersenyum pada saat ini juga, maka anda akan dapat menikmati hari ini dengan hati yang lebih baik dan lebih positif dan saya percaya saat ini anda akan mencoba tersenyum bukan ???
Untuk itu, jika ada manfaat yang didapatkan itulah tujuannya namun jika masih ada salah dan khilaf, sebelumnya saya secara pribadi memohon maaf.
Sekali lagi terima kasih...Sobatku...anda begitu berharga...anda adalah orang yang luar biasa dan sebuah hasil maha karya dari ALLAH "The Creator".

Marilah kita bersama-sama berusaha, bermitra dan saling dukung serta saling mengembangkan diri untuk mewujudkan impian dan harapan kita menjadi kenyataan.

selamat membaca n'' terima kasih atas kunjungannya.

01 Juni, 2011

Mauq Sekolah diLuar Negeri...???? Penjelasan Mahasiswa Beasiswa di Austin University....PNS dari Bone

Tadi siang sy buka FB....eeehhhh dapat pesan dr Austin Kanda Mursakin Assaf, ada tulisanx ttg gimana carax dapat melanjutkan sekolah ke LN.....n dia minta tuk di Upload disini...Irsalmahmud.com senang tentunya tulisanx dimuat disini, dia adalah seorang Guru di SMP 1 Kahu n dpat beasiswa ke LN.......thanks kakanda n mg2 lain waktu ada lg tulisannya, salam n sukses slalu....silahkan baca penjelasanya....

Bagaimanakah cara anak dan keluarga anda bisa belajar di Luar Negeri?
Banyak orang tua yang menghendaki anaknya menempuh pendidikan setinggi mungkin sebagai manifestasi ayar kursi yang berbunyi “Tutntulah ilmu sampai ke negeri Cina” dan “Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat,” walaupun kedua dalil naqli tersebut lemah tapi tidak ada salahnya dimaknai secara positif karena bukan bersumber dari kaum Yahudiyyah dan Nasraniyyah.

Menempuh pendidikan di luar negeri (maaf bukan Malaysia yang tidak mempersyaratkan TOEFL), baik melalui program beasiswa maupun biaya sendiri bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Kemampuan mendasar yang paling penting adalah menguasai kemapuan bahasa Inggris secara menyeluruh mulai dari listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Keempat keterampilan itu bukan berarti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis—begitusaja—tapi dalam tingkatan akademik. Seperti contoh dalam kelas, siswa dapat mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, menyangga pendapat, mengajukan pendapat, membaca buku-buku ilmiah dari professor, merangkum bacaan, mempresentasikan bacaan di ruang kuliah setelah dirangkum, menulis bahasa Inggris dengan ilmiah, membuat artikel, menyusun laporan penelitian, dan seterusnya.
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa; pertama, lebih dari 60% orang Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri adalah Chinese-Indonesia. Kenapa? Karena mereka menguasai bahasa Inggris dan punya biaya. Dilain pihak banyak orang Indonesia punya biaya tapi kemampuan bahasa Inggris terbatas, sehingga tidak mempunyai kesempatan untuk meraih pendidikan di Luar Negeri (sekali lagi bukan Malaysia). Kedua, seharusnya Indonesia menduduki peringkat keempat jumlah mahasiswanya di luar negeri setelah China, India, dan Amerika Serikat. Tetapi kenyataan di lapangan bahwa China, Arab Saudi, Turki, Korea, India, Jepang, Taiwan, Mesir, Iran, Vietnam, dan Malaysia berada di atas Indonesia. Ambil contoh Arab Saudi yang jumlah penduduknya hanya 20 juta jiwa di bandingkan Indonesia 235 juta jiwa kalah total dalam kuantitas. Ketiga, tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa Indonesia di luar negeri sangat disegani kecerdasan dan keuletannya. Bahkan kita tidak kalah dari semua mahasiswa dari negara mana saja. Baik kita lihat proses pembelajaran di dalam kelas, dalam penelitian, internship, maupun kinerja ilmiah. Padahal orang kayanya Indonesia berjumlah lebih dari 100 juta jiwa atau berada di atas penduduk Arab Saudi, Turki, Korea, Jepang, Taiwan, Mesir, Iran, Vietnam, dan Malaysia.
Kenapa orang Indonesia seperti itu? Sebagai peneliti pendidikan di Indonesia, saya mempunyai tiga alasan; Pertama, umumnya orang Indonesia menempuh pendidikan adalah bagaimana caranya memperoleh Ijazah dengan mudah dan bangga dengan gelar yang diperoleh. Mereka tidak pandang perguruan tinggi itu bonafid, negeri, swasta, terdaftar, diakui, disamakan, bahkan tidak terdaftar sama sekali. Yang penting sudah dapat ijazah dan gelar. Kedua, umumnya orang tua murid mengutamakan membangun fisik di keluarganya daripada membangun intelektual anak-anaknya. Seperti contoh, banyak orang tua hanya memilih membangun rumah yang mewah, kendaraan roda empat, menunaikan haji lebih sekali, umrah lebih dari sekali—dari pada mengupayakan anaknya untuk kursus bahasa Inggris agar kemampuan anaknya bisa mendunia. Ketiga, banyak orang Indonesia berpendapat bahwa negara-negara barat adalah kapitalis dan tidak cocok ilmunya diterapkan di Indonesia. Ini sangat keliru, kenapa? Pengamatan saya di Amerika serikat bahwa ummat Islamnya bahkan non-Islamnya lebih bermartabat dari pada segelitir orang di Indonesia yang menghalalkan segala cara untuk menduduki jabatan, menjadi PNS, dan menjadi karyawan suatu perusahaan besar. Praktik-praktik seperti ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam apapun alasannya, karena dapat merugikan orang lain, agama, dan negara alias TIDAK HALAL.
Lantas apa yang harus dilakukan untuk memenuhi kriteria kemampuan bahasa Inggris? Kriterianya adalah memiliki sertifikat TOEFL (ITP, IBT, Computer Based), IELTS, GMAT, dan GRE. Pertama, TOEFL ITP adalah jenis tes TOEFL berbasis kertas yang menguji kemampuan listening, grammar, dan reading. Peserta tes menggunakan pinsil untuk menjawab soal pada lembar jawaban yang tersedia. Skor tertinggi pada TOEFL ITP adalah 667, sedangkan skor persyaratan untuk ke luar negeri umumnya 550 bahkan ada yang mepersyaratkan lebih tinggi. Kedua, IBT TOEFL adalah jenis tes yang umum dipersyaratkan untuk kuliah di luar negeri. Jenis tes ini menguji listening, speaking, reading, dan writing. Pada tes ini testee (peserta tes) hanya menghadapi computer dalam menjawab soal dan tidak menjawab pada kertas. Kertas dan pinsil hanya digunakan untuk mencacatat informasi ringkas yang kita dengar selama mendengarkan percakapan. Nilai tertingginya adalah 120. Skor yang dipersyaratkan untuk kuliah di luar negeri umumnya adalah skor 80 bahkan ada yang lebih tinggi untuk perguruan tinggi yang lebih bonafid. Ketiga, Computer Based TOEFL (CBT) adalah test berbasis computer. Jenis tes ini hampir sama dengan IBT TOEFL tetapi tidak umum dipergunakan. Keempat, IELTS adalah jenis tes kemampuan bahasa Inggris yang umum berlaku di Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Belanda. Jenis tes ini akan menguji kemampuan membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Test ini berbasis kertas juga akan tetapi tes berbicara, peserta berhadapan langsung dengan pengujinya (tester). Skor yang dipersyaratkan untuk kuliah di luar negeri adalah umumnya 6 s.d. 7. IELTS dapat juga dipakai untuk melamar perguruan tinggi di Amerika Serikat dan Canada begitu juga TOEFL dapat dipergunakan di Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Belanda. Jadi dapat dipergunakan salah satunya saja. Kelima, GMAT adalah salah satu jenis tes kemampuan di bidang Ekonomi bagi yang jurusannya berhubungan langsung dengan masalah ekonomi. Skor ini sangat dibutuhkan untuk menguji kemampuan dasar dalam bidang ekonomi dan perbankan. Keenam, GRE adalah jenis tes kemapuan bahasa, matematika, dan menulis. Tidak semua jurusan mempersyaratkan GRE. Umumnya jurusan mempersyaratkan GRE kalau jurusan itu ada Thesis/Report/Dissertation. Umumnya skor yang dipersyaratkan adalah 1100 untuk kuliah di luar negeri. Jenis tes ini hampir sama dengan TPA (tes potensi akademik) di Indonesia.
Bagaimana cara mengikuti tes tersebut? Umumnya perguruan Tinggi kualifikasi A di Indonesia mengadakan tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan setiap bulan. Sedangkan tes yang diadakan pada perguruan tinggi dan tempat kursus lainnya hanyalah institutional TOEFL yang hanya berlaku pada instansi itu dan tidak dapat diberlakukan untuk melamar pekerjaan dan kuliah di luar negeri. Contoh, Universitas Hasanuddin adalah PTN klasifikasi A satu-satunya di Indonesia timur yang dapat mengadakan tes TOEFL international (hanya ITP). Sedangkan TOEFL IBT/CBT/GRE/GMAT ada di UI Jakarta, IIEF Kuningan Jakarta, AMINEF Senen Jakarta, dan beberapa tempat lainnya di pulau jawa saja. Semua jenis tes itu dapat mendaftar dan membayar melalui internet melalui www.ets.org dan www.ielts.org.
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tinggal di daerah-daerah yang tidak ada penyedia kursus khusus? Sebelum mengikuti tes TOEFL, IELTS, GRE, dan GMAT—pembelajar bahasa harus memperdalam kemampuan bahasa Inggris bertahun-tahun. Sejago apapun kata orang bahwa dia hebat dalam bahasa Inggris dapat dibuktikan dengan skor TOEFLnya. Mahasiswa dan alumni dari Luar negeri (bukann Malaysia) pasti sudah memenuhi kriteria kemampuan bahasa Inggris secara akademik. Bila anak anda jauh dari jangkauan kursus, selain belajar bahasa Inggris di sekolah, cara yang efektif yang dapat membantu hanya sekitar setahun dapat berbahasa Inggris dengan kursus sendiri bila mempunyai sambungan internet di rumahnya, mobile, iphone, atau ipad. Mudah saja mendaftar saja pada www.englishcentral.com gratis. Pada kursus ini anak anda dapat melatih mendengarkan, membaca, dan berbicara secara komprehensif. Sedangkan menulis tidak dilatih pada web site ini, tapi anak anda bisa belajar di sekolah dan buku-buku yang mmemberikan pelatihan menulis bahasa Inggris. Disamping itu anak anda harus lebih banyak membaca buku, cerpen, komik, majallah, surat kabar, siaran televisi, dan radio yang berbahasa Inggris.
Kesimpulannya, kemampuan utama untuk mendapatkan pendidikan kuliah di luar negeri adalah berawal dari kemampuan berbahasa Inggris karena semua buku dan bahasa pengantar adalah bahasa Inggris. Sudah tentu kemampuannya tergambar pada nilai TOEFL, IELTS, GRE, atau GMAT. Umumnya siswa yang lulus dari luar negeri lebih diperhitungkan untuk bekerja pada perusahan multi-nasional, pertambangan, perbankan luar negeri, perguruan tinggi, dan promosi jabatan. Kenapa? Karena perguruan tinggi Indonesia masih jauh tertinggal mutu dan saranya. Semisal, Universitas Indonesia berada pada rangking 250an dunia padahal yang terbaik di Indonesia. Umumnya rangking tinggi didominasi universitas di Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jepang, dan negara eropa lainnya. Inginkah anak anda mempunyai standar internasional? Mimpi harus dibuktikan dengan kerja keras dan usaha yang tidak mengenal menyerah.

oleh. Mursakin Assaf

1 komentar:

  1. kakaaaaaak.... terima kasih info beasiswanya sangat membamtu sekali.


    Urgently Required
    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
    English Tutors (English Teachers)
    Qualifications:
    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:
    a. Pekanbaru 0761-7641321/ 081 363 133 003 (Ms Lie)
    b. Balikpapan 0542-737537
    c. Batam 0778-460785
    d. Palembang 0711-350788
    e. Banjarmasin 0511-7069699
    f. Makassar 0411-451510
    g. Semarang 024-3562949
    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruiting@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.
    Deadline: June 31th, 2011.
    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

    BalasHapus

Pada Idi" Cappo"....

“AYAT KURSY”


ALLOHU LAA ILLAHA ‘ILLA HUWAL HAY-YUL QOY-YUM – LAATA’ CHUDZUHUU SINATUW WALAA NAUM – LAHUU MAA FIS SAMAAWATI WAMAA FIL ARDH – MAN DZAL-LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI-IDZNIH – YA’ LAMU MAA BAINA AIDIHIIM WAMAA CHOLFAHUM – WALLA YUHIITHUUNA BISYAI-IM MIN ‘ILMIHII ILLAA BIMAASYAA – WASI-A KURSIY-YUHUS SAMAAWAATI WAL ARDH – WALAA YA-UUDUHUU HIFZHUHUUMAA WA HUWAL ALII-YUL ‘AZHIIM.

AL QUR’AN HARI INI KATA “BIDADARI”

BIDADARI

TERDIRI ATAS 6 SURAH, 10 AYAT DAN 18 KATA

37:48. Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya,

38:52. Dan pada sisi mereka (ada bidadari-bidadari) yang tidak liar pandangannya dan sebaya umurnya.

44:54. demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.

52:20. mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.

55:56. Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.

55:58. Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.

55:70. Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.

55:72. (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah.

56:22. Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli,

56:35. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung,

Kirim info, kareba n Agi-agi tu mai.....

irsalmahmud@yahoo.com

facebook : irsalmahmud

ditunggu ya..beritanya